Show me an example

Jumat, 20 Agustus 2010

What causes acne on the back? (penyebab jerawat punggung)

Apakah Anda  memiliki jerawat di punggung?? Jika iyah, pasti Anda bertanya-tanya napa ada jerawat di punggung?Apa seh penyebabnya? BukanNya jerawat hanya muncul di wajah saja..?? Gimana cara pengobatannya? Berikut adalah jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut :

Penyebab timbulnya jerawat di punggung, cara pencegahan serta pengobatan :

- Kuman, artinya kebersihan badan harus lebih dijaga. Harus rajin mandi. Minimal dua kali sehari, pagi dan sore. Jika perlu tiga kali sehari. Sabunnya, tak perlu sabun khusus. Sabun mandi biasa pun (bukan sabun antiseptik) sudah cukup efektif untuk menjaga kebersihan badan. Selain bisa mencegah berkembang-biaknya kuman, mandi juga bisa mencegah jerawat akibat produksi kelenjar minyak yang berlebihan.
Agar punggung tidak lembap, tiap kali pulang dari mana pun, kita harus segera membuka pakaian. Supaya punggung kena udara bebas dan keringat bisa kering. Kita juga harus menghindari pakaian yang ketat supaya tetap ada sirkulasi udara di punggung. Untuk meminimalkan pengaruh keringat, gunakan pakaian berbahan katun atau bahan lain yang adem dan menyerap keringat. Jangan biasakan tetap memakai pakaian yang basah akibat keringat. Kebiasaan' bilang ntar dulu', menunda mandi setelah pulang kerja, harus dibuang jauh-jauh.

- Gangguan pengelupasan sel kulit, jerawat bisa dicegah dengan scrubbing. Cara ini akan membantu pengelupasan sel kulit yang sudah mati sehingga ia diganti oleh sel kulit yang baru. Ditegaskan pula bahwa srubbing ini hanya disarankan untuk kasus jerawat yang masih kecil-kecil, yang masih berupa komedo, bintik-bintik kecil. Kalau sudah jerawat gede-gede, apalagi sudah bernanah, cara ini tidak lagi dianjurkan. Malah bisa berbahaya sebab akan memperparah peradangan yang ada. Jika ada infeksi proses scrubbing mungkin akan menyebabkan kuman malah menyebar. Acara pencet-memencet juga harus ditinggalkan. Apalagi sampai menyuruh orang lain untuk melakukannya. Entah jerawat wajah atau punggung. Cara ini tidakdianjurkan. Alasannya jelas. Pertama, cara ini tidak menyelesaikan masalah. Kedua, bisa saja malah menyebabkan infeksi. Sekalipun "hanya" di punggung, infeksi tetap harus dihindari. Ketiga, cara pencet paksa akan meninggalkan bekas noda hitam di punggung.

- Jika penyebab jerawat punggung adalah pemakaian obat-obatan, tentu ini sudah merupakan urusan dokter. Ini batas ketika kita harus pergi ke dokter. Ketika jerawat masih berupa bintil-bintil kecil akibat sumbatan kelenjar minyak, kita masih bisa menanganinya sendiri. Dengan cara menjaga kebersihan badan, me-scrubbing, dan cara lain yang bisa kita lakukan sendiri. Namun, begitu jerawat punggung sudah berupa bintil-bintil bernanah, apalagi jumlahnya banyak dan disertai rasa gatal itu pertanda bahwa kita harus pergi ke dokter. Segera!

PenyembuhanNya :

Supaya jerawat punggung cepat sembuh, selain jerawat itu dipencet-pencet, disarankan juga agar konsumsi kalori dibatasi. Kurangi makanan yang banyak mengandung lemak. Ini sebetulnya tak ada hubungannya dengan keyakinan sebagian orang yang menganggap jerawat terjadi akibat kita makan lemak. Bukan itu. Lemak tidak menyebabkan jerawat secara langsung. Akan tetapi pembatasan kalori memang diketahui bisa mempercepat penyembuhan jerawat. Lemak perlu dibatasi karena, seperti kita tahu, nilai kalorinya paling tinggi diantara jenis kalori lain misalnya karbohidrat atau protein. Pada mereka yang tidak membatasi makan, jerawat biasanya akan lebih sulit sembuh. Itulah sebabnya konsumsi makanan sebaiknya dibatasi. Jadi, cokelat, susu, telur, dan sebangsanya tetap boleh saja dimakan asal jangan banyak-banyak.



0 komentar:

Posting Komentar